Sabtu, 13 Oktober 2012

Cari Tau Manfaat Tertawa

Manfaat Tertawa


Seusai pulang sekolah, dua bersaudara, Cindy dan Lidia, asyik membaca komik DONAL BEBEK. Sambil membaca halaman demi halaman, mereka tertawa sampai terpingkal-pingkal.  Girls, seperti yang dialami Cindy dan Lidia, kita akan tertawa bila mendengar, melihat, atau membaca sesuatu yang lucu. Dan ternyata, selain membuat kita senang dan lepas dari ketegangan, tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kita, lho.
 
Apa saja manfaat tertawa?
Tertawa jelas lebih baik dan sehat daripada sedih, marah, tegang, atau cemas. Sebab, saat kita tertawa, tubuh kita akan melepaskan hormon-hormon yang baik, seperti endorfin, serotinin, dan melatonin, sehingga perasaan stres, depresi, dan tegang akan hilang dan berganti dengan perasaan bahagia. Tubuh kita pun akan menjadi lebih rileks dan tenang.
      
Selain itu, tertawa juga dapat meningkatkan sejumlah sel yang memproduksi antibodi (zat untuk memusnahkan bakteri atau virus penyebab penyakit) dan meningkatkan T-sel (sel dalam darah putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan kuman, bakteri, dan virus).

Tertawa dapat mengalirkan oksigen ke dalam paru-paru dan darah kita, sehingga saat kita tertawa akan terjadi pergantian udara dalam paru-paru. Pergantian udara tersebut dapat membersihkan saluran pernafasan kita.

Untuk kecantikan, tertawa dapat membantu melenturkan dan mengencangkan otot-otot wajah kita. Bila kita sering tertawa, wajah kita pun akan terlihat lebih cantik daripada kalau kita cemberut atau sedih.

Menurut William Fry Jr.M.D., seorang psikiater dari Stanford University, Amerika, bila kita tertawa selama 15 menit sama dengan melakukan olahraga, seperti mengayuh sepeda, selama 10 menit.

Supaya kita bisa tertawa
 
Setiap orang tentu memiliki rasa humor yang berbeda. Apa yang kita anggap lucu, misalnya, belum tentu lucu bagi orang lain. Oleh karena itu, bersyukurlah bila kita termasuk orang yang mudah tertawa, karena hal itu sangat menyehatkan. Namun, bila kita tergolong orang yang sulit tertawa, nggak perlu sedih juga. Sebab, ada banyak cara yang dapat kita lakukan agar bisa tertawa. Misalnya, menonton acara komedi di televisi, menonton film kartun, membaca majalah DONAL BEBEK, atau bisa juga ngobrol dan bercanda dengan teman-teman. Jadi, kalau kita ingin cantik dan sehat, usahakan selalu untuk tersenyum dan tertawa.

Ditulis Oleh : Andra

PERHATIAN: Anda sedang membaca artikel tentang Cari Tau Manfaat Tertawa Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy pastenya jika artikel Cari Tau Manfaat Tertawa ini sangat bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa meletakkan link Cari Tau Manfaat Tertawa ini sebagai sumbernya,Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Backlinks Page Ranking Tool
superbacklink.blogspot.com Webutation
Design by http://pondokwarta.blogspot.com/ Bloggerized by Yantoo